.:[Double Click To][Close]:.
a
a

Tuesday, March 29, 2011

Mengenal Perbedaan Kartu SD, SDHC, dan SDXC?

Banyak kartu memori untuk kamera digital yang dijual di pasaran saat ini. Anda bisa menemukan kartu memori dengan kode SD, SDHC, dan SDXC. Apa perbedaannya?

Ketiga kartu memori tersebut merupakan varian dari format SD (Secure Digital). SD Association melepas ketiga kartu memori tersebut dengan urutan seperti itu.

Lantaran kebutuhan perangkat penyimpanan yang besar semakin tinggi, kartu memori SD juga mengalami peningkatan dalam kapasitas simpan.

Maka SD Association meluncurkan SDHC, yakni singkatan dari SD High Capacity. Sedangkan SDXC adalah kependekan dari SD Xtended Capacity. 

Kapasitas kartu memori SDHC biasanya bervariasi mulai dari 4GB hingga 32GB. Adapun SDXC memiliki kapasitas lebih dari 32GB dengan maksimal 2TB. 

Secara umum ketiga kartu memori tersebut memiliki kesamaan. Jadi bila kamera Anda mendukung kartu SDHC, maka ia juga akan mendukung kartu SD dan SDHC.

Kartu memori juga memiliki tingkat kecepatan berbeda. Kodenya adalah 2, 4, 6, 10, dan seterusnya. Kode 10 saat ini adalah yang tercepat untuk menulis dan membaca.

Sementara itu, MMC atau MultiMedia Cards secara fisik mirip dengan kartu SD. Sebenarnya kartu tersebut adalah versi lama kartu SD.

Jika Anda perhatikan dengan seksama, Anda akan melihat bahwa di kartu memori MMC tak ada kunci pengaman seperti pada kartu SD.

Kunci tersebut berfungsi sebagai pengaman agar data yang tersimpan di kartu memori tersebut tidak akan tertipa atau terhapus.

Kebanyakan dari kamera digital yang mendukung kartu memori SD juga bisa menggunakan kartu memori MMC. Sumber